Ekspose Tracer Study Alumni Uniska Tahun 2016

UPT Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis pada tanggal 3 Januari 2019, bertempat di ruang seminar Uniska Gedung A Lantai 2 kembali mengadakan kegiatan ekspose tracer study yang bertujuan untuk mensosialisasikan hasil pelacakan alumni tahun 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Uniska Bapak Idzani Muttaqin, ST, MT beserta seluruh dekan dan Kepala Program Studi di lingkungan Uniska MAB Banjarmasin.

Kegiatan ini dibuka oleh kepala UPT Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis yaitu Ibu Prihatini Ade Mayvita, SE, MM yang kemudian dilanjukan dengan paparan Kepala Bagian Tracer Study dan Pengembangan Karir yaitu Bapak Ir. Ari Jumadi Kirnadi, MP yang menjelaskan tujuan dari tracer study adalah untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi kedunia kerja, situasi kerja alumni terakhir, keselarasan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja. Dalam kegiatan tahun 2018 ini, tim tracer berhasil melakukan pelacakan alumni sebanyak 30,08% dari total alumni yang diwisuda pada tahun 2016.

Berdasarkan hasil tracer study untuk alumni 2016, terlihat jelas terjadi peningkatan daya serap lulusan Uniska di dunia kerja jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana untuk alumni 2016, persentase alumnni yang telah mendapatkan pekerjaan pada saat di tracer adalah sebanyak 89%. Kondisi ini diharapkan terus meningkat untuk tahun-tahun yang akan datang seiring dengan peningkatan kualitas pembelajaran di seluruh program studi yang ada di lingkungan Uniska MAB Banjarmasin.

Dari sisi keselarasan horisontal pun terjadi peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan hasil tracer tahun sebelumnya, dimana untuk alumni 2016, tingkat keselarasan horisontal mencapai 75,35%. Artinya dapat dikatakan bahwa lulusan Uniska mayoritas telah bekerja di bidang yang sesuai dengan pendidikannya.

Begtu pula dari paramater keselarasan vertikal, tingkat keselarasan alumni 2016 meningkat cukup signifikan dan telah mencapai 79,2% untuk kategori alumni yang bekerja sesuai dengan tingkat pendidikannya. Bahkan ada 13,8% alumni yang memiliki pekerjaan dengan spesifikasi lebih tinggi dari tingkat pendidikan alumni.

Di akhir kegiatan, wakil rektor III Uniska menyampaikan pesan bahwa persentase alumni yang berwirausaha agar dapat lebih ditingkatkan dengan lebih mengggiatkan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkembangkan jiwa wirausaha para mahasiswa pada saat masih menempuh pendidikan di bangku kuliah. [Rzk]

Link terkait:

http://ukib.uniska-bjm.ac.id/ekspose-tracer-study-alumni-uniska-tahun-2016/

Share ke media sosial anda...!