Seminar Budaya Mutu Kepada Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kalimantan 2019

Seminar Budaya Mutu Kepada Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kalimantan 2019

LPM UNISKA – Banjarmasin, Sekitar 170 pimpinan perguruan tinggi dan badan pengelolanya, baik negeri maupun swasta se-Kalimantan, Kamis (28/3) menghadiri Seminar Budaya Mutu yang diselenggarakan Kemenristek Dikti Didjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui Direktorat Penjaminan Mutu di Best Western Kindai Hotel Jalan A. Yani KM 4.5 Banjarmasin.

Masluhin Hajaz selaku Kepala Subdit Penguatan Mutu Direktorat Penjaminan Mutu Didjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti didampingi Prof. Udiansyah Kepala LLDIKTI Wilayah XI dan Abdul Malik selaku Rektor UNISKA Banjarmasin mengatakan, seminar ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi dan komitmen Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) atau badan penyelenggaranya agar mendukung proses implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi masing-masing. Implementasi yang baik dari SPMI tentunya akan menaikkan akreditasi.

“Di Kalimantan perguruan tinggi masih didominasi dengan akreditasi C. Diharapkan dengan adanya seminar ini akan membangkitkan kesadaran dan berlomba-lomba menaikan mutu sehingga bisa mencapai akreditasi B atau syukur-syukur bisa A” tutur Masluhin Hajaz.

Ditambahkannya, masing-masing PT punya kekhasan tersendiri. Tinggal di eksplor dan dibuat standarnya. Dari pihaknya selain seminar ini, mereka juga akan memfasilitasi pelatihan penyusunan dokumen SPMI yang harus sudah dimiliki semua PT. Setelah dokumen siap barulah dilakukan implementasi yang harus mendapat dukungan dari pimpinan PT dan badan penyelenggaranya agar mutu PT semakin baik.

Prof. Udiansyah menambahkan, dari 170 PTS di Kalimantan, baru 26 PTS yang terakreditasi B. Itu terjadi karena 40 persennya belum memiliki dokumen SPMI, apalagi mengimplementasikannya. Juga dari SDM dimana tingkat pendidikan dan penelitiannya masih sangat kurang. Pihaknya sudah melakukan road show ke Gubernur di Kalimantan dan alhamdulillah mendapat dukungen untuk peningkatan kualitas SDM ini.

Seminar kali ini dibantu penyelenggaraannya oleh UNISKA Banjarmasin bekerjasama dengan direktorat Penjaminan Mutu. “Ini adalah seminar kedua yang diadakan di Kalimantan, sebelumnya sudah diadakan pada 2017 lalu. Tujuannya agar bagaimana agar budaya mutu itu terpatri sehingga bisa diimplementasikan dengan baik demi kemajuan pendidikan di Kalimantan. Kami juga mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya yang bisa mengarahkan bagaimana sebuah institusi menjadi lebih baik” ujarnya.

Yang menjadi narasumber dalam seminar sehari ini adalah Masluhin Hajaz Kasubdit Penguatan Mutu, Prof, Dr. Ir. H. Udianysah, M.S Kepala LLDIKTI Wilayah XI, Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS Tim Pengembang SPMI, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi M.Si., M.Sc Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. E.S. Margianti S.E., M.M. Rektor Universitas Gunadarma dan Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D Apt. Rektor Universitas Widya Mandala Surabaya. (Andie)

Share ke media sosial anda...!