Sosialisasi SISTER Uniska Banjarmasin

Sosialisasi SISTER UNISKA

SISTER, Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi telah di Sosialisasikan di Lingkungan Uniska Banjarmasin. Wakil Rektor II bersama dengan UPT Pusat Informasi Teknologi dan Koordinator Labortorium (UPT PITKL) Uniska melakukan kegiatan sosialisasi SISTER ini kepada seluruh perwakilan dosen setiap Fakultas. Hadir dalam kegiatan ini Rektor Uniska Banjarmasin, Bapak Abd. Malik, S.Pt., M.Si., Ph.D membuka acara sosialisasi. Dalam sambutannya, Rektor Uniska berharap SISTER ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh dosen terutama dalam menunjang karir dosen dalam mengajukan kenaikan pangkat/jabatan, menilai angka kredit dosen, mengajukan sertifikasi dosen.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Bapak Ir. Nordiansyah Firahmi, M.P (Kepala UPT PITKL) mensosialisasikan Panduan Penggunana Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Untuk Dosen di Lingkungan Uniska. Peserta diberikan penjelasan terkait kegunaan SISTER, dan bagaimana menggunakan SISTER termasuk pengisian Portofolio Dosen seperti Profil Dosen dan Tridarma Dosen.

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA TERINTEGRASI (SISTER) UNTUK DOSEN dapat di Download di sini

Untuk masuk di website SISTER Uniska klik di sini 

Sosialisasi SISTER UNISKA
Sosialisasi SISTER UNISKA

SISTER, seperti apakah itu?

Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.

Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER. Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian PT, pimpinan PT, pimpinan Kopertis, dan Kemenristekdikti. Setelah divalidasi, data-data di dalam SISTER memutakhirkan database PD-Dikti.

SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

UNISKA MENDAPATKAN PENGHARGAAN SEBAGAI PTS DENGAN DANA PENELITIAN TERBESAR Se KALIMANTAN SELATAN

Share ke media sosial anda...!