Wisuda UNISKA MAB Banjarmasin ke-39 tahun 2018

wisuda

Kamis, tepatnya tanggal 20 Desember 2018, bertempat di gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, sejumlah 1.360 mahasiswa yang terdiri dari 1.303 lulusan program sarjana dan 57 lulusan program magister duduk rapi menunggu mulai berlangsungnya acara. Perjuangan yang dilakukan bertahun-tahun dalam menuntut ilmu terbayarkan. Sebentar lagi mereka akan memperoleh gelar yang mereka idam-idamkan semenjak mendaftar di perguruan tinggi tercinta, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta untuk mengingatkan peserta pada perjuangan dan pengorbanan para pahlawan-pahlawan kita dalam upaya mengibarkan Sang Saka Merah Putih demi menciptakan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga nilai-nilai perjuangan mereka dapat kita ambil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Habis mendengar dengan khusu lantunan ayat Al-Qur’an beserta saritilawahnya yang dibacakan oleh Baihawi dan M Rizqon, palu diketuk menandakan sidang terbuka senat UNISKA telah dibuka. Rektor UNISKA MAB, bapak Abd. Malik, S.Pt., M.Si, Ph.D, naik ke atas podium untuk memberikan sambutan kepada para calon wisudawan. Sambutan beliau sesuai dengan tema wisuda kali ini, yaitu “UNISKA HIJRAH MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0“. Hijrah, merupakan optimisme UNIKA MAB untuk tidak berenti berusaha dalam meningkatkan kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi menuju revolusi industri 4.0. Perubahan ini tidak hanya dengan meningkatkan sumber daya manusia dalam pengetahuan dan teknologi (iptek) saja, tetapi juga dalam perubahan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman, etika dan kepribadian, karakter, serta peningkatan kualitas jasmani yang dapat meningkatkan daya saing bangsa dan pada gilirannya dapat menghantarkan bangsa Indonesia menuju bangsa yang Unggul, Inofatif, dan Islami.

Lanjut beliau, Industri 4.0 merupakan perubahan yang dimiliki industri sekarang ini yang tidak terlepas dari integrasi antara teknologi informasi dan ekonomi. Hal ini terlihat pada kehidupan sehari-hari, seperti bisnis transportasi yang tidak lagi dilakukan secara konvensional (Gojek, Uber, dan Grab), aktifitas dagang yang kini dilakukan secara daring, dan lain sebagainya. Teknologi baru seperti mobil tanpa supir, drone, aplikasi media sosial, bioteknologi, dan nanoteknologi menegaskan bahwa revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental.

Dengan revolusi Industri 4.0 ini para mahasiswa dan alumni UNISKA MAB wajib memiliki kemampuan literasi data, teknologi, dan manusia untuk menjawab tantangan revolusi Industri 4.0 dimana setiap pekerjaan mulai diambil oleh mesin otomatis. Literasi data, yaitu meningkatkan skill dalam mengolah dan menganalisis big data untuk kepentingan peningkatan layanan publik dan bisnis. Literasi Teknologi menunjukkan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital guna mengolah data dan informasi. Sedangkan literasi manusia wajib dikuasai karena menunjukkan elemen softskill atau pengembangan karakter individu untuk bisa berkolaborasi, adaptif, dan menjadi arif di era “banjir” informasi.

Dalam Hijrah menuju revolusi Industri 4.0 ini UNISKA menetapkan kebijakan strategis yang dituangkan dalam Renstra UNISKA MAB tahun 2017-2021, selanjutnya dijabarkan dalam bentuk program yang disusun berdasarkan beberapa isu strategis terutama pada sektor: Kualitas sumber daya manusia; kualitas manajemen; Kualitas kegiatan Kemahasiswaan; dan Kualitas penelitian dan publikasi ilmiah sebagaimana parameter yang digariskan oleh Kemristek Dikti.

“Tentunya dalam perjalanannya, dengan semangat utama untuk kepentingan bangsa, Negara dan UNISKA MAB, strategi program tersebut akan terus kami sempurnakan dan optimalkan. Dalam hal ini kami akan terus mengupayakan kerjasama yang baik dengan semua pihak dan seluruh sivitas akademika UNISKA MAB,” lanjut beliau.

Setelah itu bapak Rektor berharap agar para mahasiswa nantinya tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi juga menjadi pencipta kerja (job creator). Nasihat beliau,

“Keberhasilan yang bermakna adalah keberhasilan yang membawa kebaikan bagi orang lain.”

Terakhir, bapak rektor memberikan selamat kepada para wisudawan dan berharap agar UNISKA MAB di masa mendatang menjadi lebih manju lagi untuk menjadi perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan. Akhirnya beliau mengakhiri sambutannya dengan salam penutup.

Sambutan berikutnya adalah sambutan oleh Ketua umum badan pengurus yayasan UNISKA MAB, bapak Dr. Ir. H. Gt. Irhamni, MT. Didalam sambutannya beliau berharap agar lulusan UNISKA mampu menjadi pemain, pelopor, agen perubahan, mandiri, dan menjadi sarjana sejati.

Kemudian beliau menjelaskan maksud Sajarna Sejati tersebut, “Sarjana UNISKA MAB harus menjadi sarjana sejati yang artinya sarjana yang tidak selalu mencari lapangan kerja tetapi sarjana yang mampu berwirausaha dan mampu menciptakan lapangan kerja.”

“Kita sebagai sivitas Akademika harus menjaga citra UNISKA MAB, karena salah satu faktor yang mendorong UNISKA MAB untuk maju dan meningkat adalah karena pengaruh alumni. Saya sebagai penyelenggara banyak berterimakasih kepada wisudawan / wisudawati dan para orang tua serta keluarganya,” lanjut bapak Irhamni.

Beliau mendoakan agar setiap mahasiswa UNISKA MAB berhasil dan sukses, dan menutup sambutan beliau dengan pesan agar seluruh sivitas akademika UNISKA MAB untuk selalu menjaga “Marwah UNISKA” sesuai amanah the Founding Father di akhir sambutannya yang ditutup dengan salam.

Setelah itu Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan bapak H. Sahbirin Noor memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa Pemerintah Provensi Kalimantan Selatan terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, berdaya saing, serta memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang hidup dalam kemuliaan akhlak dan berpengetahuan yang luas, termasuk menghadirkan pendidikan yang melahirkan SDM dengan keterampilan khusus sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

Harapan beliau, para wisudawan dari UNISKA Banjarmasin yang diwisuda hari ini harapannya mampu untuk tampil sebagai sumberdaya manusia yang siap mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki, termasuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam agar memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, dan bahkan di tingkat global.

“Mari kita terus bergerak, berkreasi, dan selalu optimis, untuk membangun pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Berkualitas secara penyelenggaraan dan berkualitas dari segi lulusan. Dengan cara itu, Insya Allah, pendidikan di Kalimantan Selatan akan melahirkan SDM yang bermutu, yang kemudian menjadi harapan untuk mendorong lahirnya masyarakat yang makmur dan sejahtera,” lanjut beliau.

Kemudian acara dilanjutkan dengan do’a, kemudian para wisudawan menyanyikan Mars dan Hymne UNISKA, dan kembali dilanjutkan dengan mengikrarkan janji wisudawan oleh setiap peserta wisuda. Terakhir, dimulailah prosesi wisuda sarjana sebagai simbol lulusnya para wisudawan dari gelar ‘mahasiswa’ yang dilakukan oleh dekan masing-masing Fakultas. Dengan prosesi ini UNISKA MAB sukses meluluskan 1.360 wisudawan yang terdiri dari 1.303 lulusan program sarjana dan 57 lulusan program magister. Adapun lulusan terbaik dengan kualifikasi Yudisium dan Indeks Prestasi tertinggitahun ini berdasarkan Fakultas dan Program Studi adalah sebagai berikut:

No Program Studi Nama IPK Kualifikasi
1 Magister Ilmu Komunikasi M. Hafidz Riyadi, S.Kom., M.I.Kom. 3,93 Dengan Pujian
2 Magister Manajemen Burhan Noor, S.Pd.I., M.M. 3,97 Dengan Pujian
3 Manajemen Munawaroh, S.E. 3,93 Dengan Pujian
4 Ilmu Komunikasi Sri Fatmawati, S.I.Kom. 3,75 Dengan Pujian
5 Ilmu Administrasi Negara Heni Yuliawati, S.AP. 3,68 Dengan Pujian
6 Hukum Ekonomi Syariah Amrullah, S.H. 3,65 Sangat Memuaskan
7 Ekonomi Syariah Mas’adah, S.E. 3,75 Dengan Pujian
8 Ilmu Hukum Irgatenia Noor Yahya, S.H. 3,88 Dengan Pujian
9 Teknik Mesin Agung Bijaksana, S.T. 3,49 Sangat Memuaskan
10 Teknik Sipil Muhammad Indra Amanda, S.T. 3,43 Sangat Memuaskan
11 Kesehatan Masyarakat Sri Widiyanti, SKM. 3,90 Dengan Pujian
12 Teknik Informatika Nia Ridania, S.Kom. 3,79 Dengan Pujian
13 Sistem Informasi Yudi Setiawan, S.Kom. 3,80 Dengan Pujian
14 Pendidikan Bahasa Inggris Siti Lailatun Ni’mah, S.Pd 3,72 Dengan Pujian
15 Bimbingan dan Konseling Mundiyah, S.Pd. 3,49 Sangat Memuaskan
16 Pendidikan Kimia Nuriah, S.Pd. 3,66 Dengan Pujian
17 Peternakan Arini Indah Susilowati, S.Pt. 3,78 Dengan Pujian
18 Agribisnis Rahimah, S.P. 3,95 Dengan Pujian

Dengan berakhirnya prosesi wisuda, maka palu kembali diketukkan menandakan seluruh acara prosesi wisuda telah selesai. Acara diakhiri dengan senyum lebar dan tawa oleh setiap wisudawan dan ucapan selamat dari segala penjuru.

Selamat untuk para wisudawan, semoga kalian mendapatkan keberhasilan di jenjang kehidupan yang akan kalian tempuh selanjutnya!

 

 

Share ke media sosial anda...!