BIMTEK DPRD Kota Banjarbaru Ke-3 Kalinya. Rektor Inginkan Sinergi Lanjutan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) kembali dipercaya sebagai perwakilan lembaga pendidikan dalam mengadakan Materi Pendalaman Tugas untuk Anggota DPRD Kota Banjarbaru yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 September 2022 bertempat di Hotel Fugo Banjarmasin. Peserta pada kegiatan ini diikuti oleh Anggota DPRD Kota Banjarbaru yang dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Banjarbaru Bapak Fadlansyah, S.H., M.H. yang sekaligus membuka acara Bimtek kali ini.

Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng; Wakil Rektor I UNISKA MAB Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM.; Ketua LPPM UNISKA MAB Dr. Achmad Jaelani, S.Pt., M.Si., beserta staff dan dosen UNISKA MAB.

Ketua LPPM UNISKA MAB, Dr. Achmad Jaelani, S.Pt., M.Si.(Kiri)
Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadlansyah, S.H., M.H. (Tengah)
Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng (Kanan)

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Bapak Fadlansyah, S.H., M.H. dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan ini tentunya sangat penting bagi kita para anggota DPRD untuk meningkatkan peran, tugas dan fungsi DPRD untuk mengawasi dan menjalankan program pemerintahan” tutur beliau.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Bapak Fadlansyah, S.H., M.H.

Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng dalam pidatonya mengatakan bahwa “antara anggota DPRD Kota Banjarbaru dengan UNISKA MAB ini seperti punya chemistry, karena ini mungkin adalah Bimtek yang ke-3 kalinya bersama DPRD Kota Banjarbaru, dengan adanya Kampus Merdeka ini maka kita dapat menjalin Kerjasama (sinergi) dengan instansi-instansi lain walaupun sebenarnya UNISKA MAB merupakan Universitas swasta” tutur Pak Rektor.
Di akhir pidatonya Pak Rektor juga mengucapkan terimakasih karna telah memberikan kepercayaan kepada UNISKA MAB melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) untuk menjalankan kegiatan Bimtek.
“Saya mengharap kedepannya akan ada sinergi lainnya dengan kami, karena kerjasama ini sangat penting bagi kami dalam rangka pengembangan” tutup Pak Rektor.

Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan DPRD Kota Banjarbaru dalam perancangan RPJMD dan RPJPD; Meningkatkan pemahaman perancangan materi muatan Ranperda Pembangunan Daerah; serta untuk Meningkatkan pemahaman tata cara beracara pidana, perdata dan Tata Usaha Negara.

Materi ke-1 dalam kegiatan ini disampaikan oleh narasumber pakar, ahli dan praktisi dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Ariadi Noor, M.Si. dengan materi yang disampaikan yaitu “Peran DPRD Kota Banjarbaru dalam Perancangan RPJPD dan RPJMD;

Materi ke-2 dalam kegiatan ini disampaikan oleh narasumber pakar, ahli dan praktisi dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Bahjatul Mardiyah, S.Ag., SM., MH. dengan materi yang disampaikan yaitu “Perancangan Materi Muatan Ranperda Pembangunan Daerah;

Materi ke-2 dalam kegiatan ini disampaikan oleh narasumber pakar, ahli dan praktisi dari Akademisi/Advokad, Dr. Anang Sophan Tornado, SH., MH., MKK. dengan materi yang disampaikan yaitu “Tata Cara Beracara Pidana, Perdata dan Tata Usaha Negara”.

Bentuk dan metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi, diskusi, studi kasus pembentukan produk hukum daerah dan Focus Group Discussion (FGD).