STADIUM GENERAL FAKULTAS HUKUM UNISKA MAB

Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arysad Al Banjari mengadakan kegiatan Stadium General dengan tema ” Mahkamah Konstitusi dan Perkembangan Hukum Ketenagakerjaan: Perlindungan Hak – Hak Konstitusional Pekerja/Buruh di Indonesia ” yang di gelar pada Sabtu, 22 Oktober 2022 bertempat di Aula Seminar Fakultas Hukum UNISKA MAB Jl. Adhiyaksa Banjarmasin. 

Acara ini dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan UNISKA Drs. Budiman Mustafa; Wakil Rektor I, Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM.; Dekan Fakultas Hukum Dr. Afif Khalid, S.H.I., S.H., M.H. serta tamu undangan lainnya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan UNISKA Drs. Budiman Mustafa

Ketua Badan Pengurus yayasan UNISKA mengatakan didalam sambutan ” Hukum ketenagakerjaan di indonesia diatur didalam undang undang no 13 tahun 2003 ttg ketenagakerjaan sebagaimana diupah undang undang no 11 tahun 2020 ttg cipta kerja. hukum ketenagakerjaan mengatur tentang segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja waktu sebelumnya selama sesudah kerja. Tujuan dari dibentuknya hukum ketenaga kerjaan untuk memeberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi. mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah. memberikan perlindungan tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya. selain itu, hukum ketenaga kerjaan juga mengatur hubungan antara tenaga kerja dengan pengusaha, hubungan kerja terjadi karena perjanjian kerja pengusaha dengan pekerja/buruh. hubungan kerja terdiri dari dua macam yaitu hubungan kerja berdasarkan perjanjian dalam waktu tertentu dan hubungan perjanjian kerja berdasarkan dalam waktu tidak tertentu. terkait hukum ketenagakerjaan juga masih banyak silang pendapat mahkamah konsitusi memiliki peran penting untuk menyelesaikannya. seperti yang kita ketahui mahkamah konstitusi merupakan salah satu lembaga negara, merlaku kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakan hukum dan keadilan dan memiliki fungsi didalam mengawal konstitusi, hal inilah yg mungkin akan didiskusikan bagaimana peran mahkamah konstitusi terkait dalam perkembangan lingkup ketenaga kerjaan saat ini”. Harapan beliau dalam sambutan yaitu semoga ilmu berkah dan bermanfaat dunia dan akhirat.

Fakultas Hukum mengundang sekaligus menghadirkan Dr. Manahan MP. Sitompul, S.H., M.Hum. Hakim Mahkamah Konsitusi Republik Indonesia sebagai Narasumber Stadium General.

Yang mana dilaksanakan secara offline dan online dengan kehadiran berjumlah kurang lebih 1.000 mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari yang sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini.

Penyambutan kedatangan Dr. Manahan MP. Sitompul, S.H., M.Hum. oleh Dekan Fakultas Hukum
Penyerahan Buku dari Dr. Manahan MP. Sitompul, S.H., M.Hum. kepada Ketua Panitia Pelaksana
Penyerahan Buku dari Dr. Manahan MP. Sitompul, S.H., M.Hum. Kepada Dekan Fakultas Hukum Dr. Afif Khalid, S.H.I., S.H., M.H.
Penyerahan Cindramata dari Fakultas Hukum untuk Dr. Manahan MP. Sitompul, S.H., M.Hum.