Sebanyak 1.400 Mahasiswa KKN UNISKA Tahun 2023 S. Ganjil Disebar Ke Dua Kecamatan

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin kembali melepas 1.400 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 pada hari Kamis, 18 Januari 2023 yang akan disebar ke dua tempat yaitu ke Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau yang masing-masing akan disebar ke tiga desa dari masing-masing Kecamatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.; Wakil Rektor I, Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM.; Wakil Rektor III, H. Idzani Muttaqin, ST., MT; Wakil Rektor IV, Dr. Galuh Nasrullah Kartika Mayang Sari Rofam, M.Ag; Ketua LP2M UNISKA MAB Dr. Achmad Jaelani, S.Pt., M.Si. beserta jajarannya.

Pelepasan yang dilaksanakan di Kampus UNISKA Jl. Adhiyaksa Banjarmasin, sebelum Mahasiswa/i diberangkatkan Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. dalam pidatonya sekaligus melepas para peserta KKN berpesan kepada mahasiswa agar menjaga sikap serta menerapkan ilmu dibangku perkuliahan dengan baik di masyarakat dan menjaga almamater UNISKA MAB.
“saudara adalah duta yang kami lepaskan ke masyarakat yang mewakili 20 ribu mahasiswa aktif UNISKA, jaga nama Almamater UNISKA dan jadilah pribadi yang bermanfaat” tutur Pak Rektor dalam pidatonya.
“Untuk kalian ketahui UNISKA masuk rangking 166 dari perhitungan Wibomatrik Spanyol (Internasional), maka haruslah berbangga dan jadilah duta atau utusan yang baik nanti di masyarakat” tutup Pak Rektor.

Camat Bumi Makmur, Sahidanor, S.Sos., M.Si. dalam pidatonya sambutannya mengatakan bahwa “saya harap dengan adanya mahasiswa KKN ini akan memberikan efek positive kepada masyarakat Kec Bumi Makmur, memberikan pola pikir baru (intelektual) atau motivasi dalam berkehidupan masyarakat serta saya juga berharap agar mahasiswa menggali potensi-potensi yang ada di Desa kita ini” tutur Pak Camat.

Camat Bumi Makmur, Sahidanor, S.Sos., M.Si.

Sedangkan Camat Kurau, Bapak Zulpuaddin, S.Sos. dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa “masih banyak yang diperlukan oleh masyarakat kami dalam bidang SDM atau wawasannya, untuk matapencaharian di tempat kami yaitu perikanan, pertanian dan perkebunan. Saya harap mahasiswa KKN dapat menyesuaikan kepada apa yang dibutuhkan dan permasalahan yang ada di masyarakat” tutur Pak Zulpuaddin.

Camat Kurau, Bapak Zulpuaddin, S.Sos.

Bupati Tanah Laut yang diwakili oleh Asisten 3 Administrasi Umum, Bapak Safarin, S.IP., M.Si. dalam pidatonya yang sekaligus membuka kegiatan KKN mengatakan bahwa “saya berharap ada simbiosis mutualisme antara masyarakat dan mahasiswa KKN dan mahasiswa KKN dapat melihat masalah-masalah yang ada di desa yang kemudian memberikan solusi yang tetap disesuaikan dengan kearifan lokal” tutur Beliau.

Asisten 3 Administrasi Umum Bupati Tanah Laut, Bapak Safarin, S.IP., M.Si.