UNISKA MAB Gelar Yudisium Pascasarjana, Kukuhkan Ratusan Magister Baru

Banjarmasin, 6 Juli 2024 – Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) menggelar Yudisium Pascasarjana, mengukuhkan 151 orang magister baru dari 5 program studi. Acara ini menandai pencapaian penting bagi para peserta yang telah menyelesaikan studi S2 mereka di UNISKA MAB.

PLT Direktur Pascasarjana UNISKA MAB, Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM., menyampaikan selamat kepada para magister baru atas keberhasilan mereka. “Saya ucapkan selamat kepada 151 orang yang secara resmi memperoleh gelar magister hari ini,” ujarnya.

Dr. Zainul menjelaskan bahwa 151 magister baru ini berasal dari 5 program studi, yaitu:

  • Magister Ilmu Komunikasi: 19 orang
  • Magister Manajemen: 44 orang
  • Magister Administrasi Publik: 11 orang
  • Magister Peternakan: 5 orang
  • Magister Administrasi Pendidikan: 72 orang

Lebih lanjut, Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM. menyampaikan bahwa para magister baru ini dijadwalkan untuk mengikuti wisuda pada tanggal 24 Juli 2024, yang akan bertempat di Gedung Sultan Suriansah Banjarmasin. Beliau menghimbau para peserta untuk mengatur waktu dan izin di instansi masing-masing agar dapat menghadiri acara wisuda tersebut.

Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., dalam pidato sambutannya pada Yudisium Pascasarjana, menyampaikan ucapan selamat kepada para magister baru beserta orang tua atau walinya.

“Selamat kepada saudara/i yang pada hari ini akan resmi memperoleh gelar magisternya,” ujar Prof. Malik. “Setelah mengikuti proses ceremonial nanti, maka saudara telah memperoleh gelar dan status saudara yang awalnya mahasiswa akan menjadi alumni.”

Beliau mengingatkan para magister baru bahwa perjuangan mereka belum berakhir. “Jika kemarin saudara diuji oleh bapak atau ibu dosen, sekarang ujian kalian adalah bagaimana kalian diterima di masyarakat atau dunia kerja,” tuturnya.

Prof. Malik menekankan pentingnya menjaga nama baik UNISKA MAB dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama studi. “Kami sangat bangga jika alumni UNISKA MAB berhasil di masyarakat ataupun berhasil di pekerjaannya, karena kedepannya saudara harus lulus di ujian masyarakat dan dunia kerja,” terangnya.

Beliau juga berpesan agar para magister baru tidak berkecil hati dengan lulusan Swasta “jangan takut jika saudara lulusan Universitas swasta, tetaplah bersaing dengan sehat,” pesannya.

“Rezeki yang akan kalian peroleh semua sudah ditakdirkan, namun kuncinya jadilah orang yang jujur dalam bermasyarakat atau bekerja nantinya” tambahnya.

Yudisium Pascasarjana UNISKA MAB ini menjadi momen penting bagi para magister baru untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Diharapkan mereka dapat menjadi insan yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.