Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 2023

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) laksanakan sosialisasi mengenai Magang dan Studi Independen Bersetrifikat atau disingkat dengan MSIB pada Kamis, 30 November 2023 yang bertempat di Aula Fakultas Hukum UNISKA MAB Banjarmasin. Kegiatan ini diikuti dan menargetkan mahasiswa yang ingin mengikuti pelaksanaan Program Magang Kampus Merdeka.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka adalah program persiapan karier yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi. Program MSIB Kampus Merdeka menyediakan pengalaman magang yang dipercepat dan diakselerasikan, serta pengalaman belajar yang dirancang dengan baik untuk membantu mahasiswa memasuki dunia profesi dengan tenaga kerja yang profesional.

Dalam program ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan yang relevan dengan bidang studi mereka atau minat mereka. Mereka akan ditempatkan di instansi atau perusahaan yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka. Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman praktis, pengetahuan baru, dan koneksi yang berharga dalam dunia kerja.

Wakil Rektor I UNISKA MAB, Dr. H. Mohammad Zainul, SE., MM. dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa jajaran Rektorat UNISKA MAB sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini karena melalui kegiatan ini nantinya program MBKM yang dicanangkan pemerintah untuk ditindak lanjuti setiap perguruan tinggi akan bisa dimengerti dan dipahami oleh mahasiswa.

“sebagai mana kita ketahui bersama juga beberapa tahun yang lalu pemerintah mengeluarkan kurikulum MBKM, kurikulum ini mengajarkan mahasiswa agar memiliki keleluasaan untuk membangun kompetensinya masing-masing. Selama ini kompetensi mahasiswa diatur oleh program studinya masing-masing, namun nyatanya yang lebih tahu kompetensi mahasiswa adalah dirinya masing-masing, maka dari itu program ini dibuat atas permasalahan yang ada di lapangan” tuturnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa sertifikat MBKM sangat menjadi acuan bagi mahasiswa untuk memperoleh pekerjaannya nanti.

“selepas saudara mengikuti program ini maka kalian akan mendapatkan sertifikat resmi MBKM, dan itu adalah penunjang kalian untuk mencari pekerjaan nantinya, dengan adanya sertifikat MBKM yang terlampir setelah ijazah kalian maka kalian akan mendapat nilai plus saat penerimaan kerja nanti” terangnya.