Wujudkan Ramadhan Bermanfaat: Mengasah Kemampuan Fardhu Kifayah, Memperkuat Iman

Banjarmasin – Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadhan, Biro Keislaman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin menyelenggarakan pelatihan fardhu kifayah “Memandikan, Mengkafani, dan Mensholatkan Jenazah”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (25-26 Maret 2024) di Masjid KH. Gusti Abdul Muis UNISKA MAB Jl Adhiyaksa Banjarmasin.

Pelatihan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa UNISKA MAB dengan antusias.  Acara diawali dengan pembukaan oleh Wakil Rektor IV, Dr. Galuh Nashrulloh Kartika Mayang Sari Rofam, M.Ag. dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membekali para peserta dengan ilmu dan keterampilan dalam mengurus jenazah sesuai dengan syariat Islam, sekaligus menjadi pelopor dalam mengamalkan fardhu kifayah di lingkungan masyarakat, khususnya di lingkungan UNISKA MAB dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Materi pelatihan disampaikan oleh Ustad Zainal Abidin, seorang pakar fardhu kifayah yang sudah puluhan tahun menangani pengurusan jenazah. Para peserta pelatihan juga berkesempatan untuk mempraktikkan langsung tata cara memandikan, mengkafani, dan mensholatkan jenazah.