Halal Bi Halal di Lingkungan UNISKA MAB Banjarmasin

Hari selasa, 18 Juni 2019, bertempat di gedung C lantai 1 UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, UNISKA MAB mengadakan acara halal bi halal setelah lebaran Idul Fitri yang dihadiri oleh sivitas akademika UNISKA MAB Banjarmasin.

Acara ini diisi dengan sambutan rektor dan ketua umum yayasan, Pelepasan jamaah haji, ceramah, dan do’a.

https://scontent-sin6-2.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/65325361_311201943152393_4153409460301201408_n.jpg?_nc_cat=111&_nc_eui2=AeF8nTz_viOnJ6cW07sAdwcSpj2qP2zAlJnI864SwvxhhUKzGLXPp09ajjIRTth9IgiLQTUSf1ID5Mi9f2mlm5loXPYYC9O1AVon0OQSBmWICQ&_nc_ht=scontent-sin6-2.xx&oh=0cd79ae955d6ade8d92c7a28726df2fb&oe=5DC0A2CD
Pelepasan jamaah haji oleh UNISKA MAB Banjarmasin
Image may contain: 1 person, indoor
Sambutan Rektor UNISKA MAB Banjarmasin, Abd. Malik S.Pt., M.Si., Ph.D

Rektor UNISKA MAB, bapak Abd. Malik S.Pt., M.Si., Ph.D, dalam sambutannya berharap ibadah para sivitas di lingkungan UNISKA MAB pada bulan Syawal ini meningkat, terutama dalam pekerjaan karena bekerja juga merupakan ibadah. Beliau juga mewakili seluruh pimpinan dan pejabat UNISKA MAB memohon maaf jika selama ini terdapat kesalahan yang kurang berkenan di hati semuanya.

Image may contain: 1 person, sitting and indoor
sambutan ketua badang pengurus yayasan, Dr. Ir. H. Gusti Irhamni, M.T,

Kemudian diikuti oleh sambutan ketua badan pengurus yayasan, bapak Dr. Ir. H. Gusti Irhamni, M.T, yang berharap momentum ini menjadi ajang saling bermaafan. Tahun ini merupakan tahun yang panas semenjak pemilu baru-baru ini. Terdapat perbedaan pendapat bagi masing-masing orang. Perbedaan politik ini menyebabkan banyak yang berselisih satu sama lain. Saat inilah saat yang tepat untuk saling bermaafan dan kembali menjalin silaturahmi satu sama lain.

“Jangan memutus silaturahmi, nanti do’a tidak dikabulkan,” tegas beliau. Beliau memohon agar seluruhnya dapat bersatu dan terus bekerjasama dalam memajukan universitas, sehinga akreditasi UNISKA MAB nantinya juga akan meningkat.

Selanjutnya dalam sesi ceramah, penceramah dalam acara ini tidak lain adalah Prof. Dr. H. Kamrani Buseri,. MA. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan tentang silaturahmi, fitrah, dan takwa. Selain itu bapak Kamrani juga menjelaskan seorang yang bertakwa tidak senang marah dan senang memaafkan manusia lain. Kita tidak boleh memutus tali silaturahmi dan harus berhubungan secara baik sesama manusia, sesuai dengan kalimat Hablumminallah wa Hablumminannas yang bermakna menjaga hubungan dengan Allah dan menjaga hubungan sesama manusia.

Beliau kemudian mengutip Qur’an Surah Al Hujurot ayat 10:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌفَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al Hujurot: 10)

Manusia muslim itu saling bersaudara dan setiap manusia diciptakan untuk berjamaah dan melakukan aktivitas sosial satu sama lain. Bersifat Ta’awun yaitu saling membantu dan bekerjasama dalam hal yang disukai Allah. Sebagai contoh, di UNISKA MAB ini seluruh sivitas yang bekerjasama untuk menjadikan UNISKA MAB lebih baik sehingga akreditasi meningkat.

Image may contain: 1 person, indoor
Penyampaian tausiah oleh Prof. Dr. H. Kamrani Buseri,. MA.