Prof. Dr. Sugiyono jelaskan Metode Penelitian Kontemporer

Demi meningkatkan kualitas penulisan penelitian mahasiswa dan dosen, UNISKA MAB mengundang Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. sebagai narasumber dalam Seminar Nasional Pekan Ilmiah ke-2 HUT ke-38 UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari (17/7)

Prof. Sugiyono sendiri merupakan penulis buku metode penelitian meliputi Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan, Metode Penelitian Kombinasi, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif, dan masih banyak lagi.

Beliau juga mendapatkan banyak piagam penghargaan antara lain: Sebagai Penulis Buku dengan Predikat Best Seller Terbanyak dari Penerbit ALFABETA, dan Piagam Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai penulis buku terbanyak di bidang metode penelitian.

Dalam seminar kali ini beliau menjelaskan berbagai jenis metode penelitian. Materi yang disampaikan beliau antara lain: Perkembangan Metode Penelitian, Output Penelitian Dikti dan Fungsi Penelitian, Metode Penelitian Kombinasi, Metkom Desain Sequential Explanatory, Metode Kombinasi Desain Sequential Exploratory, dan Metode Penelitian dan Pengembangan R&D.

Prof. Dr. Sugiyono juga menjelaskan perbedaan tingkat penelitian antara S1, S2, dan S3. Untuk S1, mahasiswa ditargetkan mampu mengaplikasikan IPTEKS dalam bidang keahliannya. Bagi mahasiswa S2 ditargetkan mampu mengembangkan IPTEK hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dengan pendekatan inter atau multidisipliner. Dan terakhir Program Doktor ditargetkan mampu menciptakan IPTEK hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.

Harapan Rektor UNISKA MAB, dengan diadakan seminar ini dapat memotivasi dosen dan mahasiswa dalam menciptakan produk, jurnal, dan penemuan baru yang tentu akan berdampak positif bagi Perguruan Tinggi dan meningkatkan peringkat publikasi Universitas.