Benchmarking UNISKA MAB ke Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta

Hari pertama kunjungan benchmarking dimulai dengan mendatangi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta Barat sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi acuan bagi UNISKA MAB untuk peningkatan pengelolaan Mutu institusi. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung C-203 Kampus Utama Universitas Mercu Buana yang berlokasi di jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat. Kegiatan dibuka dengan acara ceremonial, kata sambutan dari kedua belah pihak, dan dilanjutkan dengan perkenalan baik dari pihak tuan rumah, maupun tamu (UNISKA MAB).Rektor UNISKA MAB, Prof. Ir. Abd. Malik, SPt., M.Si., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. menyampaikan tujuan kedatangan pihak Rektorat dan Yayasan UNISKA MAB, para Dekan dan Kepala LPPM UNISKA MAB serta Bank KalSel sebagai mitra yang menjadi sponsor kegiatan benchmarking yaitu untuk membuka wawasan bagi UNISKA MAB dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan tata kelola bidang keuangan dan SDM.

Universitas Mercu Buana dalam hal ini Rektor, Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng mengawali diskusi dengan pemaparan tentang profil Universitas secara lengkap baik dari visi dan misi, sarana dan prasarana, potensi SDM dosen dan tenaga kependidikan hingga prestasi yang dicapai. Pemaparan yang disampaikan merupakan pencapaian yang layak untuk dijadikan sebagai contoh potret Perguruan Tinggi klaster Utama. Akreditasi Unggul yang diraih berkat kerja keras dan kerja cerdas seluruh pihak, baik di level institusi (universitas, fakultas/prodi) maupun pada level yayasan.

Rektor UMB menyambut baik kedatangan UNISKA MAB, sebagai wujud UMB dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dunia kerja dalam industri berbasis teknologi digital. Beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya belajar dan terus belajar, berkolaborasi dan berbagi, serta berpikir kreatif dan inovatif untuk menemukan solusi baru dan menghadapi tantangan baru dalam industri berbasis teknologi digital.
Sebagai universitas yang didorong Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) menjadi World Class University, Universitas Mercu Buana telah melakukan adaptasi dalam proses belajar mengajar di lingkungan kampus dengan menyelenggarakan pembelajaran melalui sistem e-learning dan pembelajaran jarak jauh berbasis internet.


Selain itu, Universitas Mercu Buana juga telah melakukan adaptasi pada kurikulum dan mata kuliah yang diajarkan agar kompatibel dengan dunia industri digital yang ada saat ini.
Hal penting yang bisa dijadikan sebagai panutan adalah bagaimana UMB mengatur dan mempersiapkan mahasiswa dan dosen untuk terus berprestasi dalam berbagai ajang kegiatan baik level nasional maupun Asia. Seperti juara pertama dalam Speech Competition Asian English Olympic in Speech dan juara 3 Newscasting Competition dalam National English Competition cabang Newscasting National Competition 2023.


Dalam Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023, Universitas Mercu Buana juga mencatat sejumlah pencapaian penting. Antara lain terdapat 923 mahasiswa penerima beasiswa dari berbagai program, jumlah mahasiswa baru tercatat sebanyak 3.919 mahasiswa.
Sebanyak 96,11 persen alumni Universitas Mercu Buana juga bekerja di dunia industri yang bervariasi, seperti industri perbankan, e-commerce, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), kesehatan dan farmasi, dan konstruksi. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa Universitas Mercu Buana siap dan komitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era industri berbasis teknologi digital.

Universitas Mercu Buana maju dengan pesat, karena dukungan dari sosok pengusaha sukses H. Probosutedjo (almarhum) yang mempunyai pengalaman sebagai guru di Perguruan Taman Siswa. Universitas Mercu Buana sebagai lembaga pendidikan Tinggi didirikan oleh Yayasan Menara Bhakti pada tahun 1985 dengan 3 Fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi. Universitas Mercu Buana terus mengembangkan diri dengan membuka beberapa prodi baru guna mengimbangi tuntutan masyarakat. Hingga pada tahun 2016 Universitas Mercu Buana juga telah membuka program Doktor pertamanya, yaitu program doktor manajemen.Sejak bulan Desember 2016 Universitas Mercu Buana memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Raihan ini merupakan salah satu tonggak pencapaian/milestone Universitas Mercu Buana dan saat ini Universitas Mercu Buana sedang dalam proses untuk memperoleh akreditasi internasional.