Seminar FKIP – Upaya Menghadapi Tantangan Pendidikan Kontemporer

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) menggelar kegiatan seminar dengan tema “Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa FKIP dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Kontemporer” pada Jum’at, 22 Desember 2023 bertempat di Aula FKIP UNISKA MAB Lt.3 Banjarmasin. Kegiatan ini diikuti oleh masing-masing 10 perwakilan Mahasiswa FKIP UNISKA MAB dari 4 Program Studi serta menghadirkan 4 orang Narasumber.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Habibie M.Pd. (Wakil Dekan III FKIP UNISKA MAB) menyampaikan pentingnya menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang cepat, terutama bagi para guru, calon guru, dan tenaga pendidik.

“Cara komunikasi yang baik menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan zaman yang beragam. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya menyesuaikan diri dengan berbagai macam cara komunikasi yang ada saat ini” tuturnya.

“Teknologi juga harus dikuasai karena perencanaan atau pelaksanaan pendidikan sudah melalui media teknologi. Oleh sebab itu, ia menegaskan bahwa guru dan tenaga pendidik harus siap menghadapi tantangan zaman dengan memahami dan menerapkan teknologi tersebut dengan baik” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Muhammad Habibie M.Pd. juga menekankan pentingnya memiliki empati dalam proses pembelajaran.

“Guru dan murid harus aktif dalam proses pembelajaran dengan dukungan teknologi zaman sekarang. Dengan memahami dan menerapkan teknologi tersebut dengan baik, proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah dan efektif” tutupnya.

Selaras dengan Dekan FKIP UNISKA MAB, Dr. Hengki, SS., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan seminar ini dilaksanakan sebagai upaya dalam menghadapi perkembangan zaman, yang mana dunia pendidikan juga harus mengikuti perkembangan tersebut.

“mahasiswa FKIP UNISKA MAB perlu meningkatkan profesionalisme mereka agar dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif dan perubahan yang sangat signifikan ditengah-tengah perkembangan teknologi sekarang. Oleh karena itu, kegiatan ini diakan untuk memberikan pemahaman dan strategi yang tepat dalam meningkatkan profesionalisme tersebut” ujarnya.

“diharapkan dapat tercipta lingkungan akademik yang lebih baik dan berkualitas bagi mahasiswa FKIP UNISKA MAB. Dengan meningkatkan profesionalisme mahasiswa, maka kualitas pendidikan di FKIP UNISKA MAB dapat meningkat secara keseluruhan. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan strategi dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan seminar ini dalam kehidupan akademik dan profesional mereka di masa depan” tambahnya.

Dr. Hengki juga menambahkan rencana kedepannya akan ada program-program khusus untuk pengimplementasian pasca kegiatan ini.

“program atau kegiatan khusus yang akan dilakukan kedepannya dapat berupa seminar, workshop, atau pelatihan lainnya yang bertujuan untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan mahasiswa FKIP UNISKA MAB. Program-program ini dapat melibatkan tenaga pengajar dan praktisi di bidang pendidikan kontemporer untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih luas bagi mahasiswa. Selain itu, pihak universitas juga dapat memperkuat kurikulum dan metode pengajaran yang lebih inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di FKIP UNISKA MAB” tutupnya.