Bank Indonesia & UNISKA MAB Ajak Generasi Muda Kalsel Berpartisipasi dalam Greenovation

Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) berkolaborasi dengan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Greenovation Road to Campus. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong transformasi ekonomi di Kalsel sebagai bagian dari implementasi ekonomi hijau dan pemetaan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Kompetisi Greenovation merupakan kompetisi ide dan model bisnis berbasis ekonomi hijau yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kalsel. Kompetisi ini terbagi menjadi dua kategori:

  • Green Paper: Kategori ini terbuka untuk umum dan bertujuan untuk menjaring ide-ide kreatif dan inovatif tentang ekonomi hijau.
  • Green Project: Kategori ini terbuka untuk mahasiswa dan pelaku usaha di Kalsel yang memiliki prototype atau model bisnis yang sudah berjalan di bidang ekonomi hijau.

Sosialisasi Greenovation Road to Campus ini dilaksanakan pada Rabu, 6 Maret 2024, di Gedung Fakultas Ekonomi UNISKA MAB Handil Bakti Lt.3. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV UNISKA MAB, Dr. Galuh Nashrulloh Kartika Mayang Sari Rofam, M.Ag., serta para akademisi dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dr. Galuh Nashrulloh menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa UNISKA MAB berkomitmen untuk mendukung upaya Bank Indonesia dalam mendorong ekonomi hijau di Kalsel.

“Ekonomi hijau merupakan salah satu isu penting yang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. UNISKA MAB siap untuk berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan berbagai pihak lainnya dalam mewujudkan ekonomi hijau di Kalsel,” ujar Dr. Galuh.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Direktur BI, Indra Gunawan menjelaskan bahwa Greenovation Road to Campus merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Kompetisi Greenovation yang diluncurkan oleh Bank Indonesia.

“Kompetisi Greenovation ini terdiri dari dua kelompok yaitu Green Paper dan Green Project yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Melalui kompetisi ini diharapkan dapat diperoleh berbagai ide dan model bisnis berbasis ekonomi hijau yang dapat diimplementasikan di Provinsi Kalimantan Selatan,” jelas Bapak Indra.

Kegiatan sosialisasi Greenovation Road to Campus ini diisi dengan berbagai materi edukasi tentang ekonomi hijau dan peluang bisnisnya, serta penjelasan tentang tata cara mengikuti Kompetisi Greenovation.